Tulungagung, 30 Oktober 2022 – LKTIN merupakan suatu acara yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Fisika. Acara yang dilaksanakan guna memeriahkan Dinamika Program Studi Tadris Fisika ini berjalan selama tiga bulan, mulai 14 Agustus sampai 29 Oktober 2022 dengan mengusung tema “Kontribusi Teknologi dan Peran Fisikawan Muda dalam Mengembangkan Ilmu Fisika di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0”.

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional adalah lomba sebuah karya dalam bentuk tulisan yang membahas tentang suatu permasalahan dengan landasan teori dan metode-metode ilmiah tertentu yang bersifat fakta. Pada kesempatan kali ini, HMPS membidik siswa-siswi SMA/MA sederajat se-Indonesia sebagai sasaran peserta LKTIN, dengan total peserta sebanyak 23 kelompok yang lolos abstrak. Setiap kelompok terdiri dari 2-3 anggota yang diketuai oleh salah satu anggota tersebut.

Acara LKTIN dilaksanakan secara semi offline, dengan pembagian pendaftaran hingga technical meeting peserta yang lolos abstrak dilakukan secara online kemudian dilanjutkan babak final secara offline di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dengan adanya LKTIN diharapkan bisa mendorong kontibusi teknologi dengan mengolah sumberdaya melalui pemanfaatan bahan dari lingkungan sekitar yang dirasa bisa diolah dan dimanfaatkan menjadi produk yang fungsional, serta peran mahasiswa Fisika hingga para fisikawan muda dalam mengembangkan ilmu Fisika di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0.