Tulungagung, 25 Agustus 2022 – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Fisika UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengadakan Ta’aruf dan Orientasi Mahasiswa Tadris Fisika (TORSI) yang bertema “Fisika Kompetitif dengan 3S (sinergi, semangat, solid)”. Kegiatan TORSI dilaksanakan secara offline setelah 2 tahun lalu dilaksanakan secara daring. Kegiatan ini menghadirkan seluruh Dosen Tadris Fisika yang bertempat di Aula Perpustakaan Lantai 5 dan Lapangan Voli UIN SATU Tulungagung pada tanggal 24 – 25 Agustus 2022.

Dalam TORSI ini, mahasiswa baru 2022 diberikan pengetahuan yang lebih mendalam tentang Program Studi Tadris Fisika yang dihadapi. Bagaimana lingkungan dan budaya di Program Studi Tadris Fisika, visi misi dari Program Studi Tadris Fisika, Ketua Program Studi Tadris Fisika, bagaimana mata kuliahnya, prospek karir setelah lulus, dan lain sebagainya. Di kegiatan TORSI ini akan lebih dibentuk karakternya dan ditanamkan visi misi, mulai dari kedisiplinan, kejujuran, dan karakter-karakter lainnya yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa baru Program Studi Tadris Fisika.

Alhamdullilah kegiatan ini berjalan secara baik dan lancar. Pada hari pertama kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta mars UIN SATU. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan pembukaan TORSI oleh Koorprodi Tadris Fisika M. Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Dari pembukannya ia menyampaikan, dengan diselenggarakan kegiatan ini para mahasiswa baru Prodi Tadris Fisika mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa Program Studi Tadris Fisika dan memberikan motivasi untuk semangat belajar. Setelah pembukaan selesai, acara dilanjutkan dengan pemaparan dua materi yakni pengenalan Program Studi dan HMPS Tadris Fisika. Pada materi pengenalan Program Studi disampaikan oleh Dr. Desyana Olenka Margaretta, M.Si. selaku Dosen Tadris Fisika yang dilanjutkan pengenalan HMPS disampaikan oleh Ketua HMPS Tadris Fisika  tahun 2020-2022.

Setelah pemaparan materi, dilanjutkan kegiatan outbond di lapangan voli. Panitia memakai konsep outbond kerjasama tim, macam-macam permainannya yaitu balon punggung, botol Archimedes, estafet bola pimpong, gelas air jilbab berjalan, gelas pimpong dikepala, bola kesetimbangan, dan tebak nama dosen.

Kegiatan hari kedua yang dilaksanakan di balai desa Tunggulsari merupakan penampilan pentas seni dari mahasiswa baru 2022. Berbagai pentas seni yang ditampilkan antara lain shalawatan, musikalisasi puisi, menyanyi lagu pop, dance, tari tradisional, dan pantun berantai. Tujuan dari kegiatan ini merupakan wadah pencarian bakat, kreatifitas serta sebagai sarana hiburan bagi mahasiswa.

Menurut Anna Ainur salah satu mahasiswa baru 2022 yang turut mengikuti kegiatan TORSI, “Menurutku asik dan menyenangkan sekali, kegiatan terselenggara dengan baik tanpa adanya kekurangan suatu apapun. Dengan adanya kegiatan TORSI dapat membentuk karakter kepemimpinan, bisa belajar menghargai pendapat orang lain, bisa kenal lebih dengan teman-teman dan juga dapat membangun kerja sama tim”, ujarnya.

Tanggapan lain disampaikan Riqqi Mubarok sebagai ketua HMPS Tadris Fisika, “Kesan baik selalu menyertai ketika berharap yang terbaik. Acaranya keren, panitianya hebat. Adapun harapan saya, semoga pengalaman yang didapatkan ketika kegiatan TORSI memiliki pengaruh sangat besar bagi mahasiswa baru 2022 untuk menjalani perkuliahan dengan memiliki mental yang kuat, disiplin, jujur, dan solid”, tuturnya.