Pada tanggal 5 September 2019 Jurusan Tadris Fisika Bekerja sama dengan Pusat Studi RED-C mengadakan kegiatan Diskusi Ilmiah Dosen dengan tema “Advanced Physics Material Technology Aplication Quantum Dot”. Narasumber Diskusi tersebut adalah Desyana Olenka Margaretta, M.Si dan dipandu oleh moderator Ambarsari M.Pd.Acara dibuka oleh Moderator dan diawali dengan sambutan Bapak Dr. Maryono, M.Pd Ketua Jurusan Tadris Fisika untuk mengawali Diskusi ilmiah dosen pertama di Term Semester Ganjil 2019/2020. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan beberapa arahan yakni tentang persiapan Aniversary Tadris Fisika yang terdiri dari beberapa acara; dan himbauan agar pelaksanaan diskusi dosen dilakukan secara istiqomah tiap bulan.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Desyana Olenka Margaretta, M.Si. menjelaskan pengertian ilmu material dalam Fisika yang merupakan produk dari era Fisika modern. Ilmu material yang telah berkembang dengan pesat, karena didukung oleh kebutuhan akan kemajuan teknologi. Salah satunya adalah perkembangan semikonduktor sebagai bahan yang memiliki sifat yang dapat diatur dari ukurannya. Salah satunya dengan menjadikan dia berukuran 1 dimensi atau Quantum Dot (Titik Quantum). Quantum Dot ini digunakan dalam berbagai aplikasi teknologi terbaru.

Sebagai penutup, moderator mempersilahkan audience untuk bertanya. Muncul beberapa pertanyaan dari audience mahasiswa dan dosen. Terlihat audience antusias terhadap materi yang diberikan. Setelah pertanyaan diskusi dijawab oleh narasumber, moderator menyampaikan beberapa kesimpulan dan betapa pentingnya pembaharuan informasi pengetahuan berbagai ilmu yang harus dimiliki oleh Dosen dan mahasiswa dalam bidang apapun.