Forum Diskusi Ilmiah dosen kali ini menghadirkan pemateri Ibu Ike Lusi Meilina, M.Pd. Diskusi yang dilakukan pada Kamis, 5 Desember 2019 ini mengambil tema “Reasoning Skill” . Diskuis ilmiah dosen mengambil tempat di ruang rapat dosen gedung Arif Mustakhim. Yang bertugas menjadi moderator kali ini adalah Ibu Dyah Palupi, M.pd.

Diskusi Ilmiah ini diawali dengan sambutan ketua jurusan dan menyampaikan pentinganya tema diskusi kali ini. Kegiatan dilanjutakn dengan penyampaian materi dari Ibu Ike Lusi Meilina, M.Pd.

Reason merupakan kemampuan seseorang untuk mengetahui alasan-alasan yang mendukung atau melawan putusan-putusan yang dibuat berdasarkan situasi dan fakta-fakta yang relevan. Indikator ini berhubungan langsung dengan emampuan menganalisis seseorang, seseorang yang mampu memberikan alasan yang tepat dalam menjawab sebuah pertanyaan dapat dipastikan ia pun memiliki kemampuan  enganalisi yang tinggi. Kemampuan menganalisis dapat dilihat dari kemampuannya mengidentifikasi alasan, mengidentifikasi kesimpulan, mengindentifikasi dan menangani ketidakrelevanan, serta mencari struktur argumen. kemampuan penalaran (reasoning skill) merupakan bagian yang sangat penting dan diperlukan dalam pembelajaran fisika.