Tulungagung, 17 Mei 2022

pada tahun ini Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Fisika telah sukses melaksanakan seminar kepenulisan serta pengenalan publikasi karya ilmiah untuk yang pertama kalinya. Seminar yang bernama ROTATION (Introduction Of Scientific Publications) ini merupakan sebuah upaya untuk menggali potensi akademik dalam diri mahasiswa Tadris Fisika yang memiliki potensi di bidang akademik, terutama pada mata pelajaran fisika. Acara ini lebih menekankan mahasiswa agar dapat menulis dengan baik menggunakan bantuan software Mendeley dan publikasi karya ilmiah melaui web jurnal. Maka kami selaku Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Fisika berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan ini dengan tema “Reference Management For Research”. Tujuan secara umum dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan apa itu karya ilmiah kepada mahasiswa Program Studi Tadris Fisika. Adapun tujuan khususnya yaitu memberikan pembekalan tentang tata cara penulisan karya ilmiah yang baik dan benar, meningkatkan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki mahasiswa Program Studi Tadris Fisika dalam penulisan karya ilmiah yang baik dan benar, membantu pengerjaan karya ilmiah dengan waktu yang efektif, dan memperoleh pengetahuan mengenai publikasi ilmiah.

Kegiatan  ROTATION tahun ini bertempat di Auditorium Gedung Saifuddin Zuhri Lantai 6 UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dimana pelaksanaanya dilakukan secara tatap muka. Pada kegiatan tahun ini dihadiri oleh beberapa tamu undangan diantaranya, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Dosen Program Studi Tadris Fisika UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Delegasi Organisasi Mahasiswa FTIK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Adapun peserta yang hadir berjumlah 114 orang dengan panitia yang hadir berjumlah 15 orang.

Pelaksanaan kegiatan  ROTATION tahun ini diketuai oleh Ahmad Irzaquz Zamzami, mahasiswa semester 2. Kegiatan ROTATION tahun ini dibuka oleh MC acara dengan membacakan susunan kegiatan diantaranya, kegiatan diawali dengan penampilan Tari Yapong sebagai pra acara dan dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan mars UIN SATU Tulungagung,  Kemudian disambung sambutan oleh Ketua Pelaksana, Ketua HMPS Tadris Fisika, Koordinator Program Studi Tadris Fisika, Ketua Jurusan Keguruan, Wakil Dekan III bidang alumni; kerjasama; dan kemahasiswaan, dan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Selanjurnya acara pembukaan diakhiri oleh pembacaan Do’a. Acara Selanjurnya yaitu acara utama yaitu penyampaian materi oleh kedua pemateri yaitu materi mengenai Pengenalan dan Penulisan Karya Ilmiah oleh Ibu Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. dan materi mengenai Publikasi Karya Ilmiah oleh Dr. Desyana Olenka Margaretta, M.Si., Namun diantara waktu penyampaian kedua pemateri ada penampilan solo musik dari salah satu mahasiswa Program Studi Tadris Fisika. Setelah penyampaian materi oleh kedua pemateri acara ditutup dengan foto bersama seluruh hadirin yang hadir di kegiatan ROTATION kali ini. Pada kegiatan  ROTATION tahun ini menghasilkan sebuah karya berupa Essay dari peserta yang hadir sebagai bentuk tugas pemantapan materi seminar dan sebagai persyaratan mendapatkan sertifikat kegiatan, yang selanjutnya hasil dari semua essay dibukukan dan menjadi sebuah karya buku yang ber-ISBN. Adapun timeline kegiatan ROTATION tahun ini yaitu sebagai berikut,  pada tanggal 28 April 2022 pamflet kegiatan mulai disebar oleh panitia dan mulai dibuka pendafaran tanggal 28 April- 7 Mei 2022, Tanggal 17 Mei 2022 kegiatan ROTATION diselenggarakan, Tanggal 17 Mei- 21 Mei 2022 Pengumpulan Essay hasil seminar oleh peserta, dan tanggal 21 Mei- 30 Mei 2022 pembagian sertifikat kepada peserta.