Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Kompetisi Sains Madrasah pada awalnya hanya diperuntukkan bagi siswa madrasah (ibtidaiyahtsanawiyah dan aliyah) saja, namun sejak tahun 2016 KSM dapat diikuti pula oleh siswa yang berasal dari SDSMP maupun SMA yang berada dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kompetisi Sains Madrasah diselenggarakan mulai dari tahun 2012 hingga tahun 2017 dilakukan secara konvensional dan pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah berbasis teknologi dimulai sejak tahun 2018 sampai dengan sekarang.

Siswa MA AL- Ihsan Kalijaring Tembelang Jombang terlibat aktif dalam Pendampingan tim KSM (Kompetisi Sains Madrasah, yang dibina oleh Dosen Tadris Fisika IAIN Tulungagung, Bapak Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si, M.Pd. Kegiatan ini difokuskan di MA Al-Ihsan Kalijaring Tembelang Jombang.

Kegiatan pendampingan tim KSM (Kompetisi Sains Madrasah) yang berlokasi di MA AL Ihsan Kalijaring Tembelang Jombang. Kegiatan ini diikuti oleh beberaga siswa MA AL-Ihsan Kalijaring Tembelang Jombang. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh kepada masyarakat khususnya para pengajar untuk berbagi ilmu.

Kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan sangat sedikit, sebagian masyarakat menganggap pendidikan adalah sesuatu yang kurang penting. Padahal hal tersebut tidak bisa dihiraukan begitu saja. Dengan mengajak semua pihak untuk saling memberikan ilmu membangun kesadaran akan pentingnya pendidikan, maka siswa MA Al-Ihsan Kalijaring Tembelang Jombang melakukan Pendampingan tim KSM (Kompetisi Sains Madrasah) berharap dengan melakukan kegiatan ini dapat menguatkan komitmen dan menyuarakan pentingnya berbagi ilmu yang bermanfaat.