Forum Diskusi Ilmiah dosen kali ini menghadirkan pemateri Ibu Ambar Sari, M.Pd. Diskusi yang dilakukan pada Kamis, 3 Oktober 2019 ini mengambil tema “Multirepresentasi Dalam Fisika” . Diskuis ilmiah dosen mengambil tempat di ruang rapat dosen gedung Arif Mustakhim. Yang bertugas menjadi moderator kali ini adalah IBu Nani Sunarmi, M.Sc.

Forum Diskusi dosen diawali oleh sambutan oleh Ketua Jurusan Bpk. Maryono, M.Pd.  Beliau meengingatkan kembali pentingnya menguatkan keilmuan yang berkaitan dengan Kemampuan Bidang mahasiswa yang nantinya diharapkan menjadi lulusan berkualitas. Salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas Kemampuan Bidang mahasiswa adalah aktif dalam kegiatan yang berkaitan bidang fisika seperti Forum Diskusi Ilmiah. Selanjurnya, acara inti yaitu penyampaian materi oleh Ibu Ambar Sari, M.Pd.

Multi representasi dalam fisika adlah model yang mempresentasi ulang konsep yang sama dalam beberapa format yang berbeda-beda. Beberapa bentuk representasi dalam fisika bisa berupa kata, gambar, diagram, grafik, simulasi komputer, persamaan matematika dan sebagainya. Multi representasi dapat membantu pembelajar dalam mempelajari dan membangun suatu konsep dan mengatasi permasalahan, membantu dalam memecahkan masalah, serta membantu untuk menyikapi masalah. Berbagai studi mengenai multi representasi menunjukkan bahwa ternyata multi representasi sangat penting untuk diterapkan dalam pembelajaran. Bahkan, ada ada usulan agar multi representasi dimasukkan ke dalam kurikulum pembelajaran fisika lanjutan.

Kemampuan dalam memahami multirepresentasi fisika sangat penting, sebagai calon pendidik yang nantinya akan mengajarkan konsep fisika kepada siswa, Mahasiswa Tadris Fisika diharapkan mampu menerapkan multirepresentasi dalam  pengajaran agar menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Ibu Ambar Sari, M.Pd mengingatkan kembali setiap orang memiliki cara tersendiri dalam memahami konsep fisika.  terkadang ada siswa yang merasa mudah menerima konsep fisika yang digambarkan dalam gambar, ada pula yang lebih mememahami dalam bentuk model matematis.

Sebagai penutup, moderator mempersilahkan audience untuk bertanya. Muncul beberapa pertanyaan dari audience mahasiswa dan dosen. Terlihat audience antusias terhadap materi yang diberikan. Setelah pertanyaan diskusi dijawab oleh narasumber, moderator menyampaikan beberapa kesimpulan dan betapa pentingnya pembaharuan informasi pengetahuan berbagai ilmu yang harus dimiliki oleh Dosen dan mahasiswa dalam bidang apapun.