Senin, 15 Mei 2023 Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Fisika UIN SATU Tulungagung telah melaksanakan salah satu program tahunannya yakni Worshop yang diberi nama ISAAC (Introduce Study About techology) dengan tema Learn Of Technology. Kegiatan ini dilaksanakan di aula gedung Saifudin Zuhri lantai enam. Kegiatan ini dihadiri oleh tamu undangan dari bapak ibu dosen Tadris Fisika sendiri, perwakilan dari DEMA-FTIK dan SEMA-FTIK dan peserta dari seluruh mahasiswa Tadris Fisika mulai dari semester 2 sampai semester 8.

Acara yang dimulai dari pukul 07.30 sampai pukul 14.00 ini diawali dengan penampilan bakat minat dari mahasiswa Tadris Fisika berupa hadrah dan olah fokal. Dilanjutkan dengan pembukaan acara dan sambutan sekaligus pembuka acara dari salah satu perwakilan Prodi Ibu Dyah Palupi Rohmiati, M.Pd. Pada sambutannya beliau berpesan agar mahasiswa jangan sampai ketinggalan dalam teknologi dalam menghadapi perekembangan zaman yang ada sekarang.

Acara dilanjutkan dengan acara inti yakni penyampaian materi. Materi pertama tentang Kepenulisan Ilmiah Metode Artikel Review yang disampaikan oleh ibu Ike Lusi Meilina, M.Pd. Penyampaian materi berjalan lancar para audienc juga menyimak materi dengan begitu antusia. Selesai penyampaian materi dilanjutkan peserta jawab para peserta juga sangat antusias untuk bertanya terkait materi yang belum mereka fahami. Dilajutkan dengan materi kedua tentang Pengenalan AI Pendukung Karya Tulis Ilmiah yang disampaikan oleh Bapak Gaguk Resbiantoro S.Si, M.Pd. Ini adalah materi yang sangat ditunggu-tunggu oleh para peserta Workshop kali ini. Riuh tepuk tangan mengiringi kehadiran pemateri yang memasuki ruangan. Peserta begitu antusias dalam menyimak materi yang disampaikan dilanjutkan dengan praktek penggunaan AI dan tanya jawab dari peserta.

Dengan adanya acara ini diharapkan para mahasiswa terutama Tadris Fisika memiliki keterampilan dalam mereview tak hanya dalam mereview diharapkan mahasiswa juga mampu menulis jurnalnya sendiri dan mempublikasikannya. Selain itu diharapkan mahasiswa juga harus up to date dan tidak ketinggalan zaman di era perkembangan AI yang kehadirannya juga akan sangat membantu dalam penulisan karya ilmiah.