Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Fisika mengadakan kegiatan FISIKA MENGABDI dengan bertemakan ” Satukan Tekad, Bangkitkan Kepedulian Melalui Pengabdian “. Kegiatan ini dilaksanakan di kawasan pemukiman sekitar Pantai Brumbun. Fisika Mengabdi ini merupakan dua rangkaian acara yaitu Fisika Mengajar dan Go Blue, sehingga pelaksanaannya dilakukan selama tiga hari yakni tanggal 13 – 15 Juni 2023.

Pada Hari Pertama kegiatan yang dilakukan adalah pembukaan. Dalam hal ini dihadiri oleh Ibu Ketua RW dan Bapak Ketua RT. Dalam sambutannya sekaligus membuka acara ini  Ibu Ketua Rw setempat mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh anggota HMPS Tadris Fisika yang telah memilih Pantai Brumbun untuk melaksanakan kegiatan pengabdian. Beliau juga berpesan untuk tetap bersikap sopan kepada warga sekitar. Harapannya semoga masyarakat sekitar Pantai Brumbun dapat menerima manfaat dari kegiatan pengabdian ini dengan baik.

Setelah acara pembukaan selesai, agenda yang dilakukan adalah Go Blue. Kegiatan Go Blue merupakan kegiatan bersih pantai dengan mengupayakan pengumpulan sampah plastik yang ada pada sekitar pantai. Pantai Brumbun merupakan pantai yang sangat dekat dengan pemukiman warga sehingga sangat terlihat banyaknya sampah yang menumpuk di tepi pantai. Pada kegiatan Go Blue ini, seluruh anggota HMPS Tadris Fisika dibantu oleh warga sekitar mengumpulkan sampah dari ujung pantai sebelah timur hingga barat.

Pada malam hari terdapat agenda mengaji bersama anak-anak sekitar Pantai Brumbun. Jumlah anak-anak yang hadir yaitu 20 anak. Mereka sangat antusias dengan adanya kegiatan mengaji ini. Mereka diajarkan beberapa doa harian, bacaan sholat yang benar, dan juga membaca Al Quran bersama-sama. Setelah kegiatan mengaji selesai, agendanya yaitu makrab bersama anak-anak. Kegiatan makrab ini meliputi makan bersama dan pentas seni.

Pada hari kedua agenda yang dilakukan yaitu Fisika Mengajar. Kegiatan mengajar ini dilaksanakan di SDN NGREJO 4. Kegiatan diawali dengan senam pagi yang diikuli oleh seluruh siswa sekolah ini. Kemudian terdapat kegiatan Uji Coba Fisika, dimana terdapat 3 uji coba yaitu kesetimbangan, arah mata angin, Hukum Newton 3. Para siswa tampak antusias menyaksikan uji coba yang didemonstrasikan oleh para anggota HMPS Tadris Fisika. Agar para siswa tidak bosan dan tetap antusias, maka dilaksanakan kegiatan permainan-permainan yaitu estafet balon, memasukkan paku dalam botol, dan estafet sarung. Para siswa sangat senang dengan adanya permainan ini. Setelah permainan selesai terdapat pembagian hadiah para juara. Kegiatan ini ditutup oleh sambutan perwakilan guru SDN NGREJO 4 . Beliau mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada HMPS Tadris Fisika yang telah memberikan ilmu serta mengajak para peserta didik untuk bermain bersama.

Pada hari ketiga atau hari terakhir dilaksanakan kegiatan penutupan. Irza selaku ketua umum HMPS Tadris Fisika mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Pantai Brumbun yang telah memberikan kesempatan untuk melaksanakan kegiatan pengabdian ini. Selain itu juga terdapat pemberian kenang-kenangan dan juga berpamitan kepada anak-anak maupun masyarakat sekitar Pantai Brumbun.