Dalam KBBI seminar merupakan sebuah pertemuan dengan sekelompok orang untuk membahas suatu topik tertentu dan mencari sebuah solusi terkait dengan tema serta menghadirkan seorang mentor yang ahli dalam bidang tersebut.

      Pada hari Senin, 26 Juni 2023, Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Fisika telah melaksanakan kegiatan SeNDiKa “Seminar Nasional Pendidikan Fisika” dengan tema “Penguatan Konsep Fisika dan Aplikasinya Berorientasi pada Merdeka Belajar”. Dalam satu hari ini ada dua agenda yaitu Seminar Nasional dan juga Seminar Prosiding, dimana kegiatan ini diwajibkan untum semester 8 yang telah mengikuti sidang skripsi gelombang 1&2.

      Seminar Nasional ini mendatangkan dua narasumber yang luar biasa ibu Nuril Munfaridah, S.Pd., M.Pd., Ph.D. (Dosen Pendidikan Fiska UM) dan bapak Prof. Drs. Cari, M.A., M.Sc., Ph.D. (Guru Besar Bidang Kuantum Optik UNS) dan dimoderatori oleh ibu Ike Lusi Meilina, M.Pd. selaku dosen Tadris Fisika UIN SATU Tulungagung. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa Tadris Fisika semester 1 sampai dengan 8 dan juga perwakilan dari ormawa ada beberapa juga yang dari luar kampus UIN SATU Tulungagung.

      Seminar ini diadakan secara offline dan online. Untuk acara offline dilaksanakan di Kampus UIN SATU Tulungagung, tepatnya di Auditorium Saifuddin Zuhri lantai 6 dan secara online diadakan melalui via youtube HMPS TFIS. Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 12.30 WIB dan dilanjutkan Seminar Prosiding pada pukul 13.30 WIB sampai dengan pukul 15.30.

      kegiatan ini selesai dengan tepat waktu tanpa ada halangan apapun, ucapan terimakasih banyak kepada audients yang telah mengikuti acara ini dari awal hingga akhir dengan penuh semangat dan khidmat. Ucapan terimakasih juga kepada narasumber, bapak ibu dosen dan juga teman-teman panitia yang ikut serta dalam mensukseskan acara tersebut.

      Dengan diadakannya acara Seminar Nasional Pendidikan Fisika yang bertemakan “Penguatan Konsep Fisika dan Aplikasinya Berorientasi pada Merdeka Belajar” ini dapat mempererat tali dilaturahmi antara seluruh mahasiswa Tadris Fisika semester 1-8 dengan seluruh dosen Tadris Fisika sekaligus sebagai bahan pembekalan ilmu fisika untuk seluruh mahasiswa yang hadir.

      semoga dengan pelaksanaan acara SeNDiKa dan juga Seminar Prosiding ini, dapat membawa manfaat dan barokah.