Rabu, 13 September 2023 telah terlaksana kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional tingkat SMA/MA/SMK yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Fisika UIN SATU Tulungagung. LKTIN ini merupakan salah satu program kerja divisi penelitian dan pengembangan HMPS Tadris Fisika UIN SATU dan juga menjadi salah satu program yang wajib dilaksanakan setiap tahunnya. Di tahun ini, LKTIN menyongsong tema “Elaborasi Saintis Muda dalam Pengembangan Fisika dan Pendidikan Fisika melalui Karya Kreatif dan Inovatif”. Kegiatan ini dihadiri oleh bapak/ibu dosen tadris fisika, delegasi dari DEMA-FTIK, SEMA-FTIK, dan HMPS program studi lainnya dalam satu fakultas. Juri dalam kegiatan ini adalah para dosen tadris fisika UIN SATU. Kegiatan ini berlangsung secara luring di gedung Arief Mustaqim lantai 6.

Kegiatan dimulai pukul 07.30 hingga pukul 16.00 dengan serangkaian acara pembukaan, pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars UIN SATU, penyampaian sambutan-sambutan, dan doa. Dilanjutkan dengan presentasi yang dilakukan oleh peserta LKTIN. Selanjutnya setelah ishoma, peserta LKTIN melakukan expo produk dari hasil penelitian yang mereka lakukan dan ditutup dengan pengumuman juara. Juara 1 diraih oleh MAN Kota Blitar, juara 2 oleh SMA DU 1 Unggulan Jombang, juara 3 oleh SMA Queen Al-Falah, juara harapan 1 oleh MA Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri, juara harapan 2 oleh MAN 2 Kota Kediri.

Dua hal yang menarik di LKTIN tahun ini ialah adanya expo produk dan bazar sebagai salah satu rangkaian acara. Expo produk bertempat di gedung Arief Mustaqim lantai 1 dan diperuntukkan umum. Antusiasme peserta LKTIN dalam menyajikan karya mereka sepadan dengan ramainya pengunjung dari mahasiswa UIN SATU yang penasaran akan produk mereka. Adanya bazar di sekitar tempat expo menambah daya tarik bagi mahasiswa UIN SATU untuk merapat, melihat produk dari hasil penelitian yang memanjakan mata serta pikiran sambil mengisi perut. Dengan adanya kegiatan LKTIN ini, diharapkan mampu memicu dan membentuk generasi sains yang responsif terhadap isu-isu terkini yang berkaitan dengan fisika sembari mengasah kemampuan kreasi yang mereka miliki. Bersikap kritis dan tanggap akan perubahan-perubahan yang terjadi serta mendorong mereka untuk menggali ide-ide brilian yang solutif terhadap maraknya problematika dalam ranah saint