Himpunan Mahasiswa Tadris Fisika Iain Tulungagung baru saja menyelenggarakan Olimpiade yakni Velocity Physics Competition (VPC) dengan mengusung tema “Menciptakan Generasi Fisika Tangkas untuk menggapai Indonesia Emas “ tingkat SMA/MA/sederajat  Se-Karisidenan Kediri tepatnya pada tanggal 06 Oktober 2019 .Terbagi menjadi dua babak, yaitu babak penyisihan, dan babak final. Dengan total peserta 130 siswa. Kegiatan ini berlangsung lancar , terlihat dari antusias nya para peserta dan juga pendamping.

Pada babak penyisihan pada tanggal 06 Oktober 2019, Peserta diarahkan menuju lantai 4 di Gedung Syaifuddin Zuhri untuk mengerjakan 40 butir soal. Pada babak penyisihan akan diambil 30 peserta dengan nilai tertinggi. Dan 5 terbaik untuk mengikuti babak final. 30 peserta dengan nilai tertinggi saat babak penyisihan akan mengikuti babak lanjutan yakni Babak Semifinal yang dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2019 dan sekaligus Penentuan pemenang di Babak Final yang dilaksanakan di Lantai 4 Gedung Syaifudin Zuhri.

Dari 30 peserta olimpiade di babak Semifinal, Peserta akan mengerjakan 15 butir soal, dengan rincian 10 soal pilihan Ganda dan 5 soal uraian. Terakhir adalah babak yang paling ditunggu yakni penentuan 5 peserta dengan nilai tertinggi yang akan mengikuti Babak Final yang dilaksanakan di Aula Gedung Syaifuddin Zuhri. 5 Peserta dengan nilai tertinggi akan mengikuti babak yang mendebarkan yakni babak final dimana peserta akan menjawab pertanyaan secara langsung di depan peserta lain dan dewan juri. Di babak final ini terdapat 13 soal yang dibacakan oleh juri dan pembawa acara. 5 Peserta akan duduk di atas panggung untuk menjawab langsung pertanyaan yang akan diberikan.

Setelah mengikuti sesi Babak Final akhirnya di dapatkan Juara dengan jawaban terbaik dari masing-masing peserta. Selamat kepada Juara ! Juara 1 Dani Zakiata Fahmi dari MAN 3 Nganjuk, Juara 2 Okta Gunawan dari SMAN 1 Srengat, Juara 3 Muh. Ainun Naim dari SMAN 1 Kediri, Harapan 1 Misbahul Munif K dari MAN 1 Blitar, dan yang terakhir yakni Harapan 2 Dewi Intan S dari SMAN 1 Trenggalek.