Tulungagung, 13 Maret 2022 –

Telah dilaksanakan Open Recruitment Tim Bengkel Soal Tadris Fisika 2022. Acara ini dilaksanakan mulai tanggal 1 – 12 Maret 2022. Dengan tema From Physics Education, We Can the Future iin Action. Open Recruitment Tim Bengkel Soal ini diikuti oleh Mahasiswa Program Studi Tadris Fisika semester 2 dan 4. Acara ini dilaksanakan secara online. Pada tanggal 1-7 Maret, mahasiswa peserta Open Recruitment Tim Bengkel Soal melakukan pendaftaran secara online melalui google form yang telah disediakan oleh panitia dengan memenuhi syarat-syarat yang sudah ditentukan. Setelah melakukan pendaftaran, peserta dihimbau untuk menunggu informasi selanjutnya.

Pada tanggal 8 Maret 2022, seluruh peserta mengikuti technical meeting untuk pembekalan dan penjelasan aturan seleksi. Setelah mengerti aturannya, seluruh peserta dihimbau untuk membuat soal sesuai dengan aturan yang telah diberitahukan dan dikumpulkan paling lambat pada tanggal 9 Maret pukul 23.59 WIB. Untuk mempersiapkan acara selanjutnya yaitu pengumuman peserta yang lolos, panitia memohon bantuan kepada salah satu Dosen Program Studi Tadris Fisika yaitu Ibu Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. untuk menjadi korektor Tim Bengkel Soal. Jumlah peserta yang lolos sebanyak 20 peserta yang kemudian dibagi menjadi 3 tim antara lain tim penyisihan, tim semifinal, dan tim final.

Selanjutnya, tanggal 20 Maret 2022 dilaksanakan Pelatihan Tim Bengkel Soal dengan tema Pembuatan Soal HOTS dan Modifikasi Soal untuk menggali potensi akademik dalam diri mahasiswa Tadris Fisika pada mata pelajaran Fisika. Acara tersebut bertempat di Pondok Pesantren Panca Hidayah Tunggangri, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Pelatihan Tim Bengkel Soal ini dapat mengembangkan potensi diri dan bakat minat yang dimiliki serta dapat memperoleh pengetahuan mengenai pembuatan soal yang berkualitas. Pemateri pada acara Pelatihan Tim Bengkel Soal kali ini adalah dari Dosen Program Studi Tadris Fisika UIN SATU Tulungagung yaitu Bapak Gaguk Resbiantoro, S.Si., M.Pd. dengan materi pembuatan Soal HOTS dan Bapak Husni Cahyadi Kurniawan, S.Si., M.Si. dengan materi Modifikasi Soal. Pesrta Pelatihan Tim Bengkel Soal kali ini adalah 20 mahasiswa terpilih dalam open recruitment Tim Bengkel Soal dan 7 mahasiswa dari anggota divisi akademik HMPS Tadris Fisika UIN SATU Tulungagung.