Tulungagung, 19 Maret 2023 -Salah satu acara yang dilaksanakan guna untuk menggali potensi akademik dalam diri mahasiswa Tadris Fisika yang memiliki potensi di bidang akademik, terutama pada mata pelajaran Fisika. Dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2023 yang bertempat di Kantor Balai Desa Plosokandang, dusun Kudusan, desa Plosokandang, kecamatan Kedungwaru.

Di zaman modern seperti sekarang ini dapat dicirikan dengan adanya perkembangan dan kemajuan dalam basis sains dan teknologi yang pesat. Perkembangan dalam berbagai bidang mendorong kita untuk meningkatkan kualitas terutama dalam hal pengolahan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia yang ada. Sumber Daya Manusia yang berkualitas tidak hanya cukup menguasai prinsip-prinsip dasar sebuah ilmu, melainkan mampu mengaplikasikannya dalam sebuah permasalahan dan dapat menjadi solusi yang baik. Kemampuan berfikir kreatif dan menemukan suatu ide atau gagasan yang dapat mengatasi berbagai masalah merupakan modal yang sangat penting bagi peningkatan Sumber Daya Manusia.

Kemajuan sains dan teknologi dalam dunia pendidikan diharapkan dapat memenuhi salah satu dari tujuan bangsa yang termuat dalam pembukaan UUD 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan cara mengembangkan manusia Indonesia dengan seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mandiri serta kebangsaan.

Pelatihan Tim Bengkel Soal dengan tema “ Pembuatan Soal Hots dan Modifikasi Soal “ bertujuan agar dapat mengembangkan potensi diri dan bakat minat yang dimiliki serta dapat memperoleh pengetahuan mengenai pembuatan soal yang berkualitas. Pemateri pada acara Pelatihan Tim Bengkel Soal kali ini adalah dari Dosen program studi Tadris Fisika UIN SATU TULUNGAGUNG yaitu, Bapak Gaguk Resbiantoro, S.Si., M.Pd. dengan materi pembuatan Soal Hots beserta materi Modifikasi Soal.

Peserta Pelatihan Tim Bengkel Soal kali ini berjumlah 16 mahasiswa yang terpilih dalam open recruitment Tim Bengkel Soal, 4 mahasiswa dari HMPS Tadris Fisika divisi akademik, serta dibantu oleh anggota HMPS Tadris Fisika di luar divisi akademik UIN SATU TULUNGAGUNG.