Rapat Koordinasi I Forum Mahasiswa Fisika Jawa Timur (RAKOR I FORMASI) yang dilaksanakan di UIN SATU Tulungagung pada tanggal 25 Maret 2023.

UIN SATU Tulungagung khususnya bagi Himpunan Mahasiswa (HMPS) Tadris Fisika yang mendapat kesempatan untuk menjadi tuan rumah RAKOR I FORMASI. Kegiatan ini  bertempat di ruang lantai 6 aula gedung Syarifuddin Zuhri.

Acara RAKOR I FORMASI kali ini dihadiri oleh Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Madura, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, ITSNU Pasuruan, Universitas Nahdatul Ulama Blitar, ITS Surabaya, UIN SATU Tulungagung, dan para alumni FORMASI. Dari beberapa universitas yang tergabung dalam FORMASI belum bisa hadir ke Tulungagung sebab kepentingan di universitas mereka yang tidak dapat tinggalkan.

Acara RAKOR I dimulai pukul 09.00 WIB dengan menampilkan tari rereogan khas Tulungagung yang penari mahasiswi Tadris Fisika sendiri. Setelah itu acara Rakor I dibuka dengan ucapan basmalah oleh Sekertaris Jendral FORMASI agar acara berjalan lancar hingga akhir. Dilanjutkan  dengan acara inti Rakor I yakni rapat kerja anggota FORMASI dan diikuti pula alumni anggota FORMASI.

Setelah acara inti Rakor I FORMASI dilanjutkan studi komperaktif yakni sharing-sharing antar universitas terkait himpunan prodi fisika masing-masing.

Bertepatan dengan bulan suci ramadhan, HMPS Tadris Fisika UIN SATU Tulungagung mengadakan bagi-bagi takjil bersama anggota Formasi yang lain. Kemudian dilanjutkan ke acara penutup yakni buka bersama di rumah makan yang diikuti oleh anggota FORMASI, alumni anggota FORMASI, serta panitia acara.

Alhamdulillah acara Rakor I Formasi berjalan dengan lancar walaupun mungkin ada kekurangan. Tanggapan Nur Iskandar selaku Sekertaris Jendral FORMASI 2023 terkait acara Rakor I Formasi yang bertempat di UIN SATU Tulungagung “Acara rakor I yg diadakan oleh FORMASI dengan UIN SATU Tulungagung sebagai tuan rumahnya sungguh melebehi ekspektasi saya, Saya sangat berterimakasih sekali kepada temenĀ² UIN SATU Tulungagung karena memberikan kami acara yg meriah ini,” ujarnya.