HMPS TADRIS FISIKA 2023

Tulungagung, 19 Maret 2023. Isra’ Mi’raj adalah acara kedua yang diselenggarakan oleh anggota Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Fisika, acara ini dilaksanakan di Masjid Al-Fallah Tunggulsari yang dilaksanakan secara offline. Kegiatan ini dipimpin oleh Ketua Pelaksana Kegiatan Peringatan Isra’ Mi’raj Acara ini diikuti oleh seluruh anggota Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Fisika, delegasi kelas dan perwakilan demisioner. Acara isra’ Mi’raj ini dimaksudkan untuk memperingati Isra’ Mi’raj.

Isra’ Mi’raj adalah dua bagian perjalanan yang dilakukan Nabi Muhammad. Jadi, Isra’
Mi’raj adalah perjalanan spiritual yang dialami oleh Rasulullah, dimana Isra’ adalah ketika Nabi
diberangkatkan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dalam satu malam, sedangkan Mi’raj adalah lanjutan perjalanan Nabi dari Masjidil Aqsa naik menuju langit ketujuh untuk menerima perintah shalat lima waktu. Hikmah peristiwa Isra’ Mi’raj adalah:
1. Mempercayai kekuasaan Allah
2. Sebagai ujian keimanan seseorang
3. Perintah menjalankan sholat 5 waktu
4. Syariat Nabi Muhammad SAW sebagai pungkasan
5. Hikmah dipilihnya malam hari sebagai waktu terbaik untuk berdoa

Peringatan Isra’ Mi’raj sendiri dimulai pada 08.00 yang dibuka oleh Drs Jamroni selaku
ketua takmir Masjid Al-Fallah Tunggulsari Tulungagung. Acara dimulai dengan pembacaan
sholawat dari grup Sholawat Mahasiswa Tadris Fisika. Kemudian dilanjut dengan pembukaan dan setelah itu pembacaan istighosah dan tahlil. Setelah semua serangkaian acara selesai, ditutup dengan sholawat dan makan bersama. Dalam acara ini semua mahasiswa Tadris Fisika dan juga seluruh tamu undangan sangat khidmat mengikuti acara dari awal hingga akhir.